Newest Post

// Posted by :Ridho Suryawaldi // On :Senin, 21 Oktober 2013

Konstruksi atap merupakan bagian dari bangunan yang tidak kalah penting fungsinya. Disamping sebagai pelindung dari teriknya sinar matahari dan guyuran hujan, atap juga mempunyai fungsi pembentuk estetika bangunan.

Konstruksi atap terdiri atas penutup atap dan konstruksi penopangnya, seperti konstruksi rangka kuda-kuda, balok gable, pasangan bata, pelat atap beton bertulang dan sebagainya. Sedangkan penutup atap, yang langsung berhubungan dengan lingkungan luar dan cuaca, banyak jenisnya yang dapat dipilih. Penentuan dan pemilihan konstruksi atap yang baik akan memeberikan keamanan dan kenyamanan pengguna bangunan. Dalam perencanaan konstruksi atap, jenis penutup atap umumnya akan menentukan jenis konstruksi penopangnya, karena masing-masing mempunyai berat jenis dan spesifikasi teknis tertentu.
Penutup atap yang beredar di pasaran saat ini banyak macam dan jenisnya, tergantung pada desain konstruksi  dan arsitekturnya. Yang penting, syarat-syarat sebagai penutup atap harus terpenuhi yakni pada saat tertimpa air hujan tidak terjadi rembesan dan dapat mengalirkan air hujan dengan baik, melindungi dari terik dan menyerap sinar matahari, serta awet sepanjang umur bangunan. Oleh karenanya, penting untuk diketahui karakteristik dari jenis-jenis bahan penutup beton, seperti:
Sirap, merupakan lembaran tipis terbuat dari kayu ulin-yang dapat digunakan sampai 25 tahun, dengan kemiringan pemasangan yang tidak boleh terlampau datar, dan sangat cocok untuk rumah-rumah tradisional dengan kesan menyatu dengan alam.
Genteng tanah liat, penutup atap ini umum digunakan di rumah-rumah – baik yang digunakan dengan cetakan biasa atau dengan memberikan tekanan (genteng press), ikatan pemasangan berdasarkan saling mengikat (interlocking), dikaitkan dan menumpu pada kayu reng. Pemasangan pada konstruksi atap dengan kemiringan 25-45 derajat. Apabila dipasang terlampau datar maka dimungkinkan terjadinya tempias air hujan melalui sela-sela hubungan antar genteng. Genteng pres mempunyai berat jenis yang lebih besar dan serapan air yang lebih kecil dibandingkan dengan genteng tanah liat biasa. Namun demikian, serapan air memungkinkan munculnya jamur atau lumut selama umur pemakaian.
Genteng glasur/keramik, penutup atap ini dari tanah liat press yang sudah melalui proses finishing pada permukaannya dengan diglasur atau dikeramik, sehingga permukaannya menjadi kedap air, terhindar dari tumbuhnya jamur atau lumut, dan menambah estetika. Umur pemakaian genteng glasur/keramik ini tentunya lebih lama dibandingkan genteng tanah liat biasa.
Genteng beton, merupakan penutup atap berbahan dasar mortar (campuran air, semen dan pasir) atau beton dengan agregat kasar yang lebih kecil, diberikan tekanan, sehingga genteng beton mempunyai berat jenis yang relatif besar. Pada permukaan biasanya dilapisi pasta semen yang tipis dan terkadang juga dicat khusus untuk genteng dengan warna sesuai keinginan pemakai. Ketahanannya dapat mencapai 50 tahun.
Seng, merupakan lembaran tipis baja yang diberi lapisan seng, agar tidak mudah terjadi karat atau korosi. Penutup atap seng dapat dipasang langsung pada gording, tanpa reng, dan dapat dipasang pada kemiringan atap yang lebih datar. Karena beratnya relatif ringan, maka dapat digunakan konstruksi penopang atau kuda-kuda yang sederhana. Namun demikian, atap seng harus dipasang cukup kuat untuk menghindari terlepas dan terangkatnya seng akibat terpaan angin yang besar.
Genteng metal/galvalum, merupakan  genteng yang terbuat dari logam tipis, dan mempunyai berat yang ringan ringan, serta dilapisi dengan baja ringan dan galvanis. Disamping itu, gentang metal ini ada yang berlapis pasir dan tidak(color/polos). Lapisan pasir berfungsi untuk menahan panas dan meredam suara atau bising apabila terkena air hujan.  Pemasangan genting metal/galvalum lebih mudah dan cepat.
Plastik komposit (polycarbonate dan poly propylene), merupakan jenis penutup atap dari bahan plastic komposit, dengan bentuk lembaran hampir sama dengan penutup atap seng, ada yang polos dan bergelombang. Biasanya digunakan untuk penutup atap pada struktur pelengkap rumah, seperti carport, tempat parkir, doorloop, halte, dan sebagainya. Yang perlu diperhatikan adalah ketahanannya terhadap pengaruh cuaca panas dan hujan, karena material ini ada yang mudah lapuk dan tidak, tergantung komposit material yang digunakan.
Asbes, juga merupakan penutup atap sejenis seng, yang terdiri dari material semen dan serat mineral silikat. Namun, saat ini sudah banyak ditinggalkan sebagai penutup atap karena banyak menimbulkan debu-debu yang apabila terhirup manusia dapat menyebabkan penyakit asbestosis yakni sejenis penyakit yang menyerang paru-paru dan mengganggu pernapasan.
Pelat beton, adalah jenis penutup atap berupa konstruksi pelat beton bertulang, sehingga kontruksi penopang atapnya berupa balok-balok yang mendukung pelat tersebut. Yang sering menjadi masalah biasanya  terjadinya retakan/bocoran karena kesalahan pada pembuatan beton dan perawatan beton setelah selesai dicor. Untuk menghindarinya, biasanya dilakukan pelapisan dengan aspal atau lapisan anti bocor.
Sebelum mendirikan konstruksi bangunan secara keseluruhan, mestinya sudah ditentukan jenis konstruksi atap yang akan digunakan. Hal ini karena menyangkut jenis penutup atap dan konstruksi penopangnya, selain faktor estetika dan nilai ekonomis yang diinginkan.

Sumber: http://achmadbasuki.wordpress.com

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. 7 Permainan Dalam 1 User ID INDOKARTU

    Selamat beraktivitas bagi anda semua pengemar game poker online. Disini kami Indokartu memberitahukan bahwa kami menyediakan 7 game yang berbeda yang bisa anda nikmati dalam 1 user ID saja yaitu :
    - Poker
    - Domino
    - Came
    - Came Keliling
    - Capsa
    - Super10
    - Omaha
    Jadi tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami bosku. Kontak kami :
    WA : 081333366766
    BBM : indkartu
    LINE : indokartu
    atau langsung di Livechat www(titik)indokartu(titik)biz

    DAFTAR POKER

    Poker Online Terbaik

    BalasHapus

// Copyright © 2012 RIDHO's FILE //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //